Rayap kayu kering vs. rayap tanah: Apa bedanya?

Karena kebutuhan makanan mereka yang merusak, rayap dianggap sebagai salah satu hama yang paling mahal, terutama bagi pemilik rumah.

Seperti kebanyakan hama, ada beragam spesies rayap, sekitar 2.750 di seluruh dunia. Namun, hanya segelintir dari mereka yang dianggap sebagai hama karena interaksinya dengan manusia.

Rayap merupakan hama yang sangat menonjol di Indonesia. Sebagai pengurai alami kayu dan daun, banyak ditemukan di daerah seperti JakartaCikarang dan Tangerang.

Dua jenis rayap yang paling umum ditemukan memakan jalan mereka melalui rumah kita adalah rayap kayu kering dan rayap tanah. Lalu apa perbedaan antara kedua jenis ini?

Rayap kayu kering

Dari keduanya, rayap kayu kering kurang umum dan biasanya ditemukan di sekitar pesisir dan daerah lembab lainnya. Mereka membutuhkan area dengan kelembaban tinggi karena mereka mendapatkan semua air mereka dengan mengekstraknya dari kayu.

Selain itu, ukuran koloni rayap kayu kering biasanya jauh lebih kecil daripada koloni rayap bawah tanah karena mereka hidup sepenuhnya di dalam kayu yang mereka tempati. Hal ini membuat mereka lebih sulit untuk dideteksi.

Akhirnya, rayap kayu kering suka hidup dari makanan kayu keras dan kayu lunak. Mereka makan di sepanjang dan melintasi biji-bijian dan kayu, sehingga galeri mereka di dalam kayu terlihat berbeda dari rayap bawah tanah.

Seperti apa rayap kayu kering?

Untuk sebagian besar, rayap kayu kering terlihat sangat mirip dengan sepupu mereka di bawah tanah. Misalnya, keduanya dapat ditemukan dalam nuansa putih dan coklat dan terkadang berwarna transparan.

Namun, satu hal yang membedakan kedua spesies ini adalah ukurannya karena rayap kayu kering cenderung jauh lebih besar daripada rayap tanah.

Di mana rayap kayu kering hidup?

Perbedaan utama antara rayap kayu kering dan rayap tanah adalah lingkungan hidup yang mereka sukai.

Rayap kayu kering suka membangun sarang mereka, dan hidup di dalam struktur kayu, begitulah mereka mendapatkan namanya.

Tanda-tanda rayap dyrwood

Frass adalah kotoran rayap atau kotoran. Tidak seperti rayap tanah, yang membangun sarang dan terowongan untuk mencari makan dari kotoran, rayap kayu kering tidak menggunakannya karena mereka hanya menggali terowongan di kayu. Mereka membuang kotorannya dengan membuat lubang kecil di kayu dan mendorongnya keluar dari rumah.

Tanda yang jelas dari serangan rayap kayu kering adalah kumpulan frass di lantai atau permukaan datar di bawah kayu yang mereka huni. Frass rayap sering terlihat seperti serbuk gergaji dari jauh, tetapi pada pemeriksaan lebih dekat, Anda akan dapat melihat pelet granular, seringkali bervariasi dalam warna.

Rayap bawah tanah

Seperti apa rayap bawah tanah?

Baik rayap kayu kering maupun rayap bawah tanah terlihat serupa. Kasta tentara dan alate cenderung berbeda. Rayap prajurit memiliki kepala besar berwarna coklat kekuningan dan rayap terbang (alates) biasanya berwarna coklat tua/hitam.

Di mana rayap bawah tanah hidup?

Berbeda dengan rayap kayu kering, rayap tanah suka hidup di tanah. Hal ini karena jenis rayap ini membutuhkan sumber kelembaban untuk bertahan hidup. Mereka membutuhkan koneksi ke tanah untuk menjaga sarang dan terowongan mereka cukup lembab untuk bertahan hidup dan bahan untuk membangun terowongan dan sarang. Jika ada banyak kelembaban yang tersedia, mereka dapat membangun sarang di atas tanah.

Tanda-tanda rayap bawah tanah

Kecintaan dan kebutuhan mereka akan lingkungan dengan kelembapan tinggi memberi kita tanda utama serangan rayap bawah tanah, tabung lumpur!

Rayap bawah tanah menggunakan tabung lumpur untuk bergerak di atas tanah untuk mencari makan. Tabung menjaga lingkungan lembab yang dibutuhkan rayap dan membantu melindungi mereka dari pemangsa.

Tabung ini dibangun dari campuran tanah, kayu, air liur dan kotoran. Mereka berwarna coklat tua dan sering dapat ditemukan di sepanjang fondasi properti, di mana rayap memasuki bangunan dari tanah di sekitarnya, serta di sepanjang sambungan lantai di dalam bangunan.

Sayangnya, menemukan tanda-tanda rayap bisa sangat sulit dan infestasi sering tidak diketahui sampai terlambat. Namun, mengetahui perbedaan antara rayap kayu kering dan rayap tanah, serta tanda-tanda umum yang harus dicari, dapat membantu melindungi rumah Anda dari serangga pemakan kayu ini.

Jika Anda melihat rayap di sekitar Anda, segera hubungi jasa anti rayap profesional yang akan menangani masalah rayap Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *